billfath.ac.id
  • 26 Sep 2020 10:00

Usaha untuk meningkatkan mutu lulusan terus dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), salah satu cara yang dilakukan yaitu melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Melalui kegiatan tersebut diharapkan terwujudnya lulusan FKIP Universitas Billfath yang profesional. Sebagai guru professional, maka harus menguasai 4 (empat) komptensi, yaitu kompetensi pedagogi, profesional, sosial, dan kepribadian. Penguasaan terhadap 4 (empat) kompetensi tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Dalam rangka pencapaian kompetensi di atas, perencanaan dan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang lebih akomodatif terhadap perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan menjadi saangat penting. Salah satunya dengan memberlakukannya Kurikulum 2013 sebagai rujukan yang digunakan oleh semua sekolah. Penggunaan Kurikulum 2013 menjadi tantangan tersediri bagi pihak sekolah dalam menyiapkan para lulusannya. Namun, kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa kordinasi antara LPTK sebagai produsen calon guru dengan lembaga-lembaga pemakai, seperti Dinas Pendidikan atau sekolah-sekolah kurang sesuai. Akibatnya sering sekali kompetensi yang dimiliki oleh lululusan LPTK tidak dapat digunakan secara optimal di lapangan. Maka, usaha sinergis perlu dilakukan untuk memecahkan kesenjangan tersebut. Oleh karena itu, diperlukannya sebuah panduan khusus dalam menyiapkan calon guru yang profesional. Panduan ini menjadi acuan bagi mahasiswa praktik, dosen pembimbing, kepala sekolah, dan guru pamong. Panduan ini juga dijadikan acuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Berikut adalah Panduan PPL FKIP Universitas Billfath.