Pondok Pesantren Al Fattah yang didirikan sejak tahun 1942, sudah  menyadari arti penting pendidikan pribadi berkarakter dan berkompetensi sebagai kunci kemajuan  umat Islam, bangsa dan negara Indonesia. Sesuai dinamika zaman, Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah  sudah mengembangkan beberapa lembaga pendidikan yang tujuan utamanya adalah membentuk sumber daya manusia yang beriman, berislam, berakhlak mulia dan mempunyai kompetensi yang bermanfaat bagi masyarakat yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman ahlussunah wal jamaah, kepesantrenan, dan  keindonesiaan.

Ketika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin  maju  dan  masyarakat semakin membutuhkan  sumber daya manusia yang semakin tinggi kualitasnya, maka Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah mendirikan  Universitas Billfath. Universitas Billfath diharapkan dapat menjadi wadah pengembangan pribadi unggul dalam bidang keilmuan, keterampilan, dan kepribadian serta pengabdian masyarakat. Semua itu harus dijiwai oleh nilai-nilai keislaman ahlussunah wal jamaah dan  keindonesiaan.  Apabila misi tersebut dapat dijalankan secara istiqomah, maka cita-cita memajukan peradaban, kemakmuran, dan keadilan sosial akan mudah diraih, sebagaimana yang dicita-citakan oleh K.H. Abdul Fattah,  pendiri Pondok Pesantren Al Fattah.

Universitas Billfath didirikan pada tahun 2016 oleh Yayasan Pondok Pesantren Al Fattah Siman Lamongan dengan SK MENRISTEKDIKTI Nomor: 426/KPT/1/2016 pada tanggal 23 September 2016. Sejak berdiri sampai saat ini, Universitas Billfath memiliki 4 (empat) fakultas, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetaghuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Hukum (FH). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri atas 3 (tiga) program studi, yaitu Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Kampus utama Universitas Billfath direncanakan dibangun di Jl. Raya Nasional, Desa Pucuk, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan. Pada awal berdirinya, Universitas Billfath berlokasi di Komplek Pondok Pesantren Al Fattah Siman Sekaran Lamongan Jawa Timur. Sejak berdiri sampai dengan sekarang, Universitas Billfath dipimpin oleh Bapak Drs. KH. Agus Abdul Madjid Fattah, kemudian digantikan oleh Bapak Kholid Novianto, S.S., M.E. sebagai Rektor dengan dibantu oleh 4 (empat) Wakil Rektor. Wakil Rektor terdiri atas Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I), Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana (WR II), Wakil Rektor Bidang Kepegawaian dan Kemahasiswaan (WR III), dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama (WR IV). Pada tingkat fakultas, pimpinan adalah Dekan dibantu dengan Wakil Dekan, sedangkan pada tingkat program studi dipimpin oleh Ketua Program Studi dibantu oleh Sekretaris Program Studi.